4 Tips Menangani Anak Rewel dan Terus Menangis

Tips Menangani Anak Rewel

Tips Menangani Anak Rewel - Salah satu kendala menjadi orang tua adalah menghadapi anak yang rewel dan sulit untuk di atur. Hal itu wajar, karena memang anak kecil masih memiliki ego yang tingga dan selalu ingin di tuturi apa keinginannya. Sebagai orang tua baru tentu harus memahami hal ini agar tidak terkejut ketika anak tiba-tiba rewel.

Tak hanya itu saja masih ada banyak faktor anak bisa rewel, mulai dari karena ia merasa lapar, haus, kurang nyaman atau sekedar ingin meminta perhatian dari kedua orang tuanya. Bagi anak yang berusia di bawah 1 tahun tentu saja tangisan menjadi sarana komunikasinya dengan orang tua.


Jadi ketika si kecil tiba-tiba menangis, orang tua harus memahami jika ada sesuatu hal yang membuat anak menangis. Entah karena ada yang mengganggunya atau karena ada yang ia inginkan. Nah, untuk itulah di artikel kali ini kami akan mencoba membantu para orang tua dengan memberikan tips menangani anak rewel dan terus menangis.


Ketahui Penyebab Anak Menangis

Hal pertama sekaligus yang paling penting dalam menangani anak yang terus-menerus menangis adalah dengan mengetahui penyebab mengapa anak menangis. Tangisan anak memiliki arti yang berbeda-beda dan setiap orang tua perlu mengetahui arti tangisan tersebut agar bisa memberikan penanganan yang tepat.


Ada banyak bahan bacaan buku yang membahas mengenai arti dari tangisan anak. Orang tua bisa mencari referensi buku yang tepat sebagai bahan pembelajaran. Dengan mengetahui arti dari tangisan anak, selain bisa memberikan penanganan yang tepat orang tua juga bisa segera menenangkan anak agar tidak rewel lagi.


Alihkan Perhatiannya

Jika si kecil menangis karena sesuatu hal seperti ada benda yang ia inginkan namun atau hal lainnya yang tidak bisa ia miliki maka solusi untuk menenangkan tangisannya adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Di kutip dari situs sanghamba.com, membiarkan anak menangis selama beberapa saat bukanlah sesuatu yang buruk.


Karena dengan menangis anak bisa meluapkan emosinya, barulah ketika ia sudah mulai sedikit tenang orang tua dapat mengalihkan pikirannya ke hal lain. Misalnya saja mengajaknya berjalan-jalan di sekitar rumah atau berkunung ke rumah teman yang memiliki anak seumuran. Usahakan untuk tidak mengingatkan anak mengenai sesuatu yang membuatnya menangis tadi.


Jangan Pernah Membentak Anak

Tips menangani anak rewel berikutnya adalah dengan tidak membentak anak ketika ia sedang menangis atau rewel. Mengapa? karena dengan membentak atau memarahinya justru hanya akan membuat tangisannya semakin kencang saja. Untuk itulah berikan anak pengertian dengan bahasa yang mudah di pahami dan dengan suara yang lembut agar ia mau mengerti.


Gunakan juga sentuhan fisik seperti mengelus kepalanya atau memeluk tubuhnya untuk membuatnya lebih nyaman dan tenang. Dengan memperlakukannya secara lembut maka akan akan mulai mengerti dan tangisannya pun akan perlahan berhenti.


Bacakan Doa untuk Anak

Cara lainnya yang juga layak untuk kamu coba adalah dengan membacakan doa ke anak yang rewel. Ada banyak sekali doa agar anak tidak rewel yang bisa di bacakan. Kamu bisa mencari referensi bacaan-bacaan tersebut melalui internet. Selain itu cara pengaplikasiannya juga sangat mudah.


Jika anak sudah cukup besar maka orang tua bisa memberikan air yang telah di bacakan doa kepada anak. Namun jika usia anak masih bayi maka orang tua bisa membacakan doa tersebut di hadapannya atau di dekat telinga sang anak. Tentu saja harus di iringi dengan niat yang kuat agar anak berhenti menangis dan rewel.


Itulah tadi beberapa tips menangani anak rewel dengan cara yang mudah. Sebagai orang tua tentu harus sabar dalam menghadapi anak yang rewel karena ini termasuk salah satu ujian menjadi orang tua yang pasti akan di alami semua orang tua di dunia ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama