5 Tips Memilih Jassa Arduino Terbaik dan Terpercaya

Tips Memilih Jassa Arduino

 Bagi kamu yang masuk ke jurusan elektro atau sejenisnya, salah satu tugas akhir yang harus di selesaikan adalah membuat atau merancang proyek Arduino. Meskipun di perkuliahan sudah di bahas akan tetapi banyak saja mahasiswa yang masih belum mengerti dengan benar bagaimana untuk membuat proyek dengan menggunakan Arduino.

Terkadang meski sudah mengerti ada saja kendala lainnya seperti, alat yang tidak tersedia maupun tidak memahami bagaimana cara membuat program di Arduino. Alhasil banyak dari mahasiswa yang memutuskan untuk menggunakan jasa Arduino untuk membantu mereka dalam menyelesaikan tugas akhir.

Nah jika kamu mengalami kendala seperti itu dan ingin menggunakan jasa Arduino, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak salah dalam memilih jasa.


1.Cek Kredibilitas Penyedia Jasa

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah penyedia jasa yang kamu pilih benar-benar tepat adalah dengan mengecek kredibilitasnya. Ada banyak penyedia jasa Arduino abal-abal yang justru malah merugikan konsumennya karena pelayanan yang di berikan tidak sesuai dengan harga yang harus di bayaekan.


Salah satu cara mengecek kredibilitas dari suatu penyedia jasa adalah dengan melihat portofolionya. Selain itu kredibilitas juga bisa di lihat dari apakah penyedia jasa tersebut sudah memiliki badan hukum seperti PT atau CV. Karena jika sudah berbadan hukum bisa di pastikan bahwa penyedia jasa tersebut memang bisa di percaya.


2.Memiliki Pelayanan yang Baik

Apapun jenis jasa yang di tawarkan, pelayanan merupakan hal yang paling penting. Sebagai seorang konsumen sudah pasti mengingkan pelayanan yang terbaik dari penyedia jasa yang di pilih. Maka dari itu agar tidak menyesal pastikan kamu memilih penyedia yang memberikan pelayanan maksimal terhadap para konsumennya.


Kamu dapat memastikannya dengan lasung menghubungi kontak yang telah tersedia. Jika pertanyaan kamu di respon dengan cepat oleh penyedia jasa maka bisa di pastikan pelayanannya memang sangat baik. Namun sebaliknya jika respon time nya lambat mungkin kamu harus berfikir dua kali untuk menggunakan jasa mereka.


3.Menyediakan Semua Kebutuhan

Arduino merupakan sebuah platform yang terdiri dari beberapa perangkat baik itu software maupun hardware. Jadi pastikan jika penyedia jasa yang kamu pilih menyediakan semua itu agar kamu tak perlu repot-repot lagi mencarinya ke tempat lain.


Tak hanya itu saja, untuk bisa menjalankan fungsi dari Arduino di butuhkan sebuah program dengan menggunakan coding. Nah, jika kamu tak memiliki kemampuan soal coding maka bisa langsung menggunakan layanan tersebut.


4.Memiliki Kebijakan yang Jelas

Terkadang karena kebijakan atau peraturan yang tidak jelas malah membuat konsumen menjadi rugi. Maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa Arduino yang kamu pilih ada baiknya kamu menanyakan beberapa hal.


Misalnya saja seperti apakah pihak penyedia bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada alat baik hardware maupun software, apakah konsumen mendapatkan dukungan penuh dan lain sebagainya. Tanyakan semua hal itu agar kamu tak merasa di rugikan ketika sudah menggunakan jasanya.


5.Jangan Tergiur Harga Murah

Tips yang terakhir adalah kamu jangan mudah tergiur dengan harga murah. Meskipun Arduino ini tergolong platform yang punya harga lebih terjangkau dari platform lainnya bukan berarti kamu bisa langsung percaya dengan penyedia jasa yang memberikan harga murah.


Pasalnya harga yang di berikan sangat bergantung pada tingkat kesulitan pembuatan serta jenis MCU dan alat tambahan yang di pergunakan. Maka dari itu setidaknya kamu harus mengetahui harga pasaran dari setiap komponen agar tidak mudah tertipu.


Jika kamu sedang mencari jasa Arduino terbaik untuk kebutuhan tugas akhir maka kamu bisa mencoba layanan dari indobot.co.id yang sudah sangat berpengalaman di bidang elektronika. Di mana layanan yang satu ini tidak hanya melayani jasa Arduino tetapi juga melayani kursus dan pembelajaran Arduino. 

Demikianlah pembahasan kami untuk tips memilih jasa Arduino yang terpercaya untuk tugas akhir kamu. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama