Yuk Kenalan dengan Jenis-Jenis Buku untuk Anak

Jenis Buku untuk Anak
 

Buka tak hanya sekedar sumber untuk mencari ilmu saja, melainkan juga bisa di jadikan sebagai media yang efektif untuk memperdengarkan hal-hal positif kepada anak. Membacakan buku kepada si kecil sejak dini juga bisa menjadi cara yang paling efektif untuk menstimulasi perkembangan otaknya serta motorik dan daya imajinasinya.


Sebagai orang tua yang baik sudah seharusnya memberikan buku yang memang memiliki nilai edukasi tinggi. Namun selain itu, hal penting lainnya adalah para orang tua juga harus mengenali berbagai jenis buku untuk anak. Karena setiap jenis buku memiliki perbedaan yang bisa di sesuaikan dengan usia si anak itu sendiri.


Mengenal Jenis Buku untuk Anak

Di artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis buku untuk anak berdasarkan bahannya dan berdasarkan isi buku itu sendiri yang tentunya berbeda-beda. Setiap jenis buku memang di khususkan untuk usia-usia tertentu, sehingga para orang tua wajib untuk mengetahuinya.


Jenis Buku Berdasarkan Bahannya

Ada 3 jenis buku berdasarkan bahannya, berikut ini beberapa jenis buku berdasarkan bahan yang di gunakan.


Soft Book

Soft book biasanya terbuat dari bahan kain yang lembut dan sering juga di sebut dengan baby book atau buku bantal. Buku ini memang di rancang untuk bayi usia di bawah 8 bulan. Selain mudah di bawa buku ini juga bisa di cuci sehingga lebih aman untuk bayi.


Hard Book

Sesuai dengan namanya, jenis buku yang kedua ini memiliki tekstur yang lebih keras karena terbuat dari bahan karton. Akan tetapi pada bagian atas buku sudah di lapisi dengan plastik atau stiker sehingga lebih aman karena tidak bisa di corat-coret oleh si kecil. Akan tetapi karena berbahan karton tentu buku ini cukup berat untuk di bawa.


Paper Book

Buku ini sudah menggunakan bahan kertas seperti HVS, tentu saja bahan kertas ini mudah sekali sobek. Akan tetapi jenis buku ini adalah yang paling mudah di temukan di toko buku. Selain itu jenis buku ini juga sangat cocok untuk anak usia di atas 2 tahun karena sudah bisa di berikan arahan.


Buku Berdasarkan Isi dan Bentuknya

Selain jenis bahannya, buku anak juga memiliki beragam isi dan bentuknya yang berbeda-beda untuk menarik perhatiannya.


Pop up Book

Buku ini akan menampilkan gambar dalam bentuk tiga dimensi, sehingga anak-anak pasti sangat antusias ketika membuka setiap halaman di buku ini.


Slide out Book

Selain bisa di baca buku ini juga sangat baik untuk melatik motorik anak. Karena gambar pada buku ini bisa di geser. Umumnya jenis buku ini berbagan hard book atau board book yang aman untuk anak kecil.


Puzzle Book

Sesuai dengan namanya, jenis buku ini biasanya adalah buku cerita namun di dalamnya terdapat kepingan puzzle yang bisa di selesaikan oleh si kecil.


Lift the Flap Book

Buku jenis ini juga sering di sebut dengan buku jendela. Karena memang buku ini memberikan informasi tersembunyi di bali gambarnya yang harus di cari oleh si kecil. Karena berbahan hard book maka buku ini jadi lebih aman dan tahan lama.


Nah, Itulah tadi beberapa jenis buku untuk anak yang perlu di ketahui oleh para orang tua. Dengan mengenal beragam jenis buku tentu orang tua bisa menyesuaikannya dengan usia dan kebutuhan si anak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama