Hal yang dibutuhkan dalam Android Terminology

shares

Android Najwa - Untuk membangun aplikasi Android, seorang programmer dituntut telah akrab dengan bahasa pemrograman Java. Bila syarat pertama ini telah dipenuhi, langkah selanjutnya adalah men-download software development kit (SDK) yang disediakan Android. SDK ini membukakan jalan bagi programmer untuk mengakses application programming interface (API)Android.

Hal yang dibutuhkan dalam Android Terminology
Android Terminology
SDK yang diinstall di PC ini mencakup beberapa tool, termasuk aplikasi contoh dan emulator Android. Emulator Android adalah program yang menduplikasi fungsi-fungsi smartphone yang berjalan di atas platform Android. Emulator juga berfungsi sebagai ajang pengujian aplikasi di PC,sebelum disematkan ke dalam smartphone Android.

Kebutuhan dalam Android Terminology

1. Service

Service yaitu serupa dengan service di PC dan server, program yang berjalan di belakang layar, tanpa interferensi dari pengguna.. Contoh kerja service adalah ketika anda sedang mendengarkan musik, kemudian anda ingin mengirim sms atau email. Dalam kasus ini tentu saja anda bisa melakukan keduanya karena ketika anda mengirim sms atau email, musik akan bekerja sebagai background.

2. Content Providers 

Content Providers yaitu mekanisme yang memungkinkan sebuah aplikasi berbagi informasi dengan aplikasi lainnya.

3. Intent / Broadcast Receiver 

Intent merupakan pemberi informasi. Intent memberikan informasi kepada aplikasi terhadap apa yang terjadi terkait dengan handset seperti sdcard yang dimasukan, sms yang masuk, aplikasi yang dijalankan tinggal bagaimana kita meresponnya.

4. Resources Resource 

Resources Resource adalah elemen externall yang kita gunakan dalam aplikasi. Resource disimpan dalam file xml yang berada dalam “res” folder. Resource tersedia dalam kode java menggunakan “R.java” file. File “R.java” ini untuk menghubungkan sumber daya visual (dari main.xml) ke kode sumber java (file java yang berada di Activity kelas).

Sekian Penjelasan mengenai "Hal yang dibutuhkan dalam Android Terminology". Bila ada pertanyaan silakan kirim di halaman komentar. Terima Kasih atas kunjungannya di Android Najwa.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar