6 Fitur Terbaru pada Android Marshmallow

shares

Android Najwa - Setelah berbulan-bulan menebak tentang keluaran android dengan M untuk Android. Google akhirnya mengumumkan Android 6.0 dengan.nama yang manis seperti makanan. M untuk android itu diberi nama Marshmallow.

Android Marshmallow
Logo Android Marshmallow

Marshmallow adalah salah satu nama yang sangat berspekulasi bahwa sesuai nomenklatur Google yang memperlakukan makanan manis seperti Cup Cake, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat dan Lollipop. Ini mengalahkan nama-nama kemungkinan lain seperti kue lumpur, mousse, dan di Indonesia sendiri bahkan ada yang menamai dengan Martabak. hehehe.

Perusahaan mengungkapkan nama pada pengembang blog dan di samping juga mengungkapkan final Android 6.0 SDK yang akan tersedia untuk di-download melalui SDK Manager pada Android Studio. Ini akan membawa akses ke API Android final dan membangun alat terbaru pada OS Android.

"Hari ini adalah update Developer Preview akhir, kami memperkenalkan resmi Android 6.0 SDK dan membuka Google Play untuk menerbitkan aplikasi Anda yang menargetkan baru tingkat API 23 di Android Marshmallow," ungkap Jamal Eason, Product Manager,

Marshmallow membawa fitur platform baru seperti pemindai sidik jari dan mode sleep, mode hemat daya, namun seiring dengan itu juga menawarkan model perizinan baru.

Tak perlu dikatakan, Android Marshmallow membawa izin aplikasi baru, kustom Chrome Tab, dukungan sidik jari dan perbaikan manajemen daya.

Fitur Baru pada Android Marshmallow

Berikut ini adalah beberapa fitur yang diumumkan untuk Android Marshmallow :

App Permissions

App Permissions mendapat perbaikan besar-besaran dan Google akan memungkinkan pengguna untuk menentukan hak akses mereka ingin mengizinkan atau dicabut, berdasarkan ketika fungsi-fungsi tertentu yang digunakan. Berbeda dengan pelaksanaan saat ini, di mana pengguna harus menyetujui semua izin aplikasi pada pertama kali menginstal dan juga untuk update, di Android M, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan meminta izin hanya ketika mereka menggunakan fungsi tertentu dalam sebuah aplikasi.

Google telah mengidentifikasi delapan parameter termasuk lokasi, kamera, kontak dan sebagainya, untuk membantu Anda memberikan izin untuk ini. Jadi misalnya, di WhatsApp jika Anda ingin mengirim pesan suara, tab App Permissions akan muncul, meminta Anda untuk izin untuk menggunakan mikrofon. Anda juga dapat mencabut izin nanti jika Anda begitu ingin. Juga, update aplikasi akan juga tidak meminta Anda untuk izin dari kelelawar, kecuali Anda menggunakan fitur yang membutuhkan Anda untuk memberikan bahwa aplikasi tertentu beberapa izin.

Web Experience: Custom Chrome Tabs

Pengalaman web browsing dengan browser Chrome juga mendapat tembakan di lengan. Tab Chrome Kustom, fitur baru, yang akan membiarkan Anda menyertakan webviews dalam aplikasi tertentu, tanpa perlu beralih ke browser Chrome di ponsel Anda. Browser Chrome akan menjalankan atas aplikasi Anda (dalam kasus Anda mengklik link dalam aplikasi). Fitur seperti otomatis masuk, sandi yang disimpan, autofill akan bekerja pada aplikasi mulus. Juga tab Chrome Kustom akan mengambil warna dan font dari aplikasi itu sedang dibuka dalam, untuk membuatnya tampak seperti pengalaman mulus. Pada prinsipnya tampaknya lebih dekat ke Facebook Instant Artikel, dengan perbedaan adalah bahwa tab Chrome Kustom akan membuat Anda merasa seperti Anda berada dalam aplikasi yang Anda browsing.

App Linking

Android saat ini mendukung aplikasi menghubungkan sistem, yang memberikan Anda pilihan untuk membuka link web tertentu dalam web browser atau aplikasi. Sebelumnya, jika Anda memiliki link Twitter di mengatakan kotak masuk Anda dan Anda mengklik itu, Anda mendapat menanyakan apakah Anda ingin membuka link di browser Anda atau dalam aplikasi Twitter, yang diinstal pada ponsel Anda.

Android M akan membiarkan pengembang menambahkan fitur auto-memverifikasi dalam kode mereka, yang akan membantu membuka link dalam aplikasi masing-masing (yang disediakan aplikasi diinstal pada ponsel Anda). Di latar belakang, Android M OS akan memverifikasi link dengan server aplikasi dan pasca-otentikasi akan melanjutkan untuk membuka link dalam aplikasi itu sendiri, tanpa meminta Anda di mana Anda ingin membuka link.

Android Pay

Fitur ini akan membiarkan Anda melakukan pembayaran menggunakan komunikasi dekat lapangan (NFC) dan tuan teknik emulasi kartu untuk layanan tap-to-pay. Anda hanya perlu membuka ponsel Anda, tetap dekat terminal NFC dan pembayaran dilakukan, tanpa membuka aplikasi apapun. Google mengatakan ketika Anda menambahkan rincian kartu Anda, nomor virtual account yang dibuat untuk melakukan pembayaran Anda. Nomor kartu yang sebenarnya Anda tidak dibagi dengan toko selama transaksi.

Menurut Google, Android Bayar akan pra-instal pada AT & T, Verizon dan perangkat T-Mobile dan akan diterima di sekitar 700.000 toko di AS yang menerima pembayaran contact-less. Android Pay akan menggantikan aplikasi Google Wallet. Android Bayar juga dapat digunakan untuk membuat pembayaran dalam aplikasi tersedia pengembang mengintegrasikan Pay ke dalam aplikasi mereka.

Fingerprint Support

Android M akan membakukan dukungan sensor sidik jari dan itu bekerja dengan berbagai ponsel untuk membuat API standar untuk pergi dengan sensor mereka. Anda dapat menggunakan sidik jari untuk mengotorisasi transaksi Pay Android, membuka kunci perangkat Anda atau melakukan pembelian Play Store.

Power management

Android M akan menampilkan fitur power-mengelola pintar disebut Doze. Fitur ini bekerja dengan membiarkan sistem optimal mengelola proses latar belakang. OS terus tab pada sensor deteksi gerak dan jika tidak ada aktivitas untuk waktu yang lama, sistem dimatikan beberapa proses. Karena dalam tahap Doze, sistem masih bisa diaktifkan oleh alarm dan pemberitahuan prioritas tinggi. Menurut Google, fitur ini telah membantu meningkatkan waktu standby pada Nexus 9 hampir dua kali selama Android 5.0 Lollipop.

Android M juga akan mendukung USB Type-C untuk pengisian. Dan mengingat USB Type-C adalah memiliki port bi-directional, Anda dapat menggunakan port ini untuk baik mengisi telepon sebagai welll sebagai biaya perangkat lain.

Terlepas dari fitur utama, beberapa perbaikan lainnya mencakup implementasi yang lebih baik dari fungsi Copy / Paste. Jadi di Android M, Anda akan mendapatkan floating toolbar di atas pilihan Anda dengan Cut, Copy, Paste opsi. Fitur langsung Share akan membiarkan Anda berbagi foto atau link dengan kontak atau aplikasi yang paling sering bersama Anda, menggunakan satu klik. Kontrol volume juga akan memberikan menu drop-down, fitur yang umum pada Cyanogen OS.

Demikianlah artikel mengenai 6 Fitur Terbaru pada Android Marshmallow ini. Terima Kasih atas Kunjungannya di Android Najwa.


Referensi : firstpost.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar